Flashdisk Video Edukasi Islami Berisi 500 Lebih Video Edukasi..16GB Sandisk ORIGINAL garansi 5 Tahun.Gratis 1 OTG,Dengan potongan 12%! Hanya Rp74.800. Dapatkan sekarang juga di Shopee! klik link ini langsung ke  SHOPEE :VIDEO EDUKASI ISLAMI atau klik wa 081296355567 untuk WA ke Admin langsung
×

9 Fakta Tentang Stand Up Comedy

9 Fakta Tentang Stand Up Comedy - Hallo sahabat tersayang... cieeee, Pada sharingkali ini yang berjudul 9 Fakta Tentang Stand Up Comedy, saya telah membuat artile ini, mudah-mudahan isi postingan yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini detailnya.

lihat juga


9 Fakta Tentang Stand Up Comedy

Stand up comedy adalah pembawaan lawakan yang dilakukan oleh perorangan dengan tujuan member kesan lawakan kepada penonton atau audience.

Akhir-akhir ini telah hadir stand up comedy di media televisi nasional yang menyebabkan stand up comedy telah banyak diminati oleh banyak orang,melalui kompetisi yang dilakukan oleh televisi swasta menyebabkan banyaknya komika yang bertalenta dan berkualitas.

Komika adalah seseorang yang menjadi stand up comedian,banyak komika yang sudah sukses lewat kompetisi stand up yang mengharumkan namanya, salah satunya ialah Ge Pamungkas,Kemal Pahlevi,Rahmet,Dodit,Cemen,Musdalifah dll.

Berikut beberapa fakta tentang stand up comedy :


1 . Naik Daun Karena Kompetisi’
Stand up comedy dapat dikenal oleh public masyarakat Indonesia berkat kompetisi yang diadakan oleh pihak televisi swasta, contohnya Kompas TV,kompas tv yang sudah membuka kompetisi stand up comedy semenjak tahun 2008 dan telah menciptakan produk-produk berkualitas yang kita kenal sekarang sebagai contohnya adalah Ge Pamungkas.Kemal,Dodit dll.

Bukan hanya Kompas TV saja.. Indosiar pun mengadakan kompetisi stand up comedy pada tahun 2015 dan telah menciptakan produk unggulan yaitu cemen.

Dengan banyaknya kompetisi menjadikan stand up comedy banyak di gandrungi masyarakat dan membuat stand up comedy menjadi banyak program televisi di Indonesia,bahkan acara talkshow sekalipun turut menghadirkan acara stand up comedy agar memeriahkan acara tersebut.


2. Sangat Terbuka
Sangat terbuka disini dimaksudkan bahwa semua orang bisa menjadi stand up comedian, sebagai contohnya kita ambil komika yang bernama Dani.

Jika kita lihat sosok Dani ketika perform itu apa adanya dan sangat terbatas dikarenakan Dani adalah komika yang tidak bisa berjalan dan memiliki keterbatasan, namun semua berubah ketika dia ada berada di atas panggung.

Seisi panggung menjadi pecah dipenuhi gelak tawa yang disampaikan oleh dani. Sungguh luar biasa dan bukan suatu hal yang biasa dikarenakan pada awalnya banyak yang meremehkan sosok dani, tetapi ketika dani sudah menjadi komika yang berhasil banyak orang-orang yang termotivasi karenanya.

Ini membuktikan bahwa tidak ada suatu hal yang tidak mungkin didunia ini semua hal bisa menjadi terjadi jika kita mau berusaha dan berniat untuk mengubah dunia sesuai dengan kemauan kita, belajarlah dari komika yang bernama dani


3. Teknik Stand Up
Teknik stand up yang paling mudah adalah roasting atau menyindir yang targetnya bisa orang lain maupun diri sendiri. Dalam teknik roasting paling maksimal jika kita menyindir diri sendiri karena dari segi penguasaannya sangat full power. 
 
Jika kita ingin meroasting orang lain tentu kita juga ada keterbatasan dikarenakan saat meroasting orang lain kita tidak boleh membuat orang tersebut sampai sakit hati.

Jika anda yang ingin mencoba jadi komika cobalah untuk menggunakan teknik dasar yang sederhana ini, jika sudah lancar dan menguasainya akan sangat mudah untuk mempelajari teknik yang lain.


4. Penyusunan Materi
Dalam stand up comedy sudah dipastikan bahwa materilah dasar untuk membawakan lawakan yang nantinya akan diberikan kepada audience atau penonton.

Dalam penyusunan materi kita harus mengetahui apa itu set up dan punch line.

Set up adalah pembawa materi punch line atau penghantar menuju punchline sedangkan punch line adalah sesuai dengan namanya punch = pukulan yakni puncak dari set up tadi dan merupakan isi dari lawakan yang akan diberikan, 
contohnya :
Set up : “ gua itu gak pernah percaya sama mahkluk gaib “
Punc line : “ tapi semua berubah ketika gua melihat yuda keling “

Nah.. yang diatas itu adalah contoh roasting yang awal mulanya terdiri dari set up dan punch line, dikarenakan saya ngefans sama yuda keeling jadi gua ngeroasting dia.. ckckckckck


5. Profesi Multilevel
Menjadi stand up comedian atau komika tidak selamanya berada di atas panggung membawa lawakan. 

Sebagai contohnya bisa kita lihat Ge Pamungkas yang awalnya dari komika lalu terjun jadi actor layar lebar.
Pandji Pragiwaksono yang pada awalnya stand up comedian terjun ke dunia music yaitu rap atau Kemal Pahlevi yang awalnya stand up comedian terjun jadi actor layar lebar bahkan menjadi youtubers.

Cemen dan Musdalifah yang awalnya stand up comedian sekarang menjadi host suatu acara,menjadi aktris sinetron dll. Menjadi seorang komika tidak selamanya menjadi komika buktinya karena memiliki banyak kelebihan menjadikan para komika menjadi actor,penulis dll.


6. Peran Komunitas
Komunitas stand up comedy telah menjadi factor penentu keberhasilan seseorang untuk menjadi stand up comedian professional, bahkan sudah ada kompetisi yang mempertarungkan antar komunitas stand up comedy.

Jika anda yang ingin menjadi komika tapi bingung ingin memulainya dari mana? Solusinya adalah bergabung ke komunitas stand up yang ada didaerah anda.

Jika pusing mencarinya cobalah searching di media social dan cari apakah ada komunitas stand up di daerah anda, karena peran komunitas akan memberikan dampak positif dan tentunya pembelajaran yang ada di komunitas akan bermanfaat bagi komika pemula untuk menjadi komika professional.


7. Bolehkah Stand Up Comedy Bagi Umat Islam?
Perihal ini masih banyak dibicarakan apakah boleh menjadi komika atau tidak? Alasannya dikarenakan ada hadist nabi Muhammad SAW yang melarang kita untuk bercanda dengan membawa sesuatu kebohongan.

Tentu ini sangat lekat dengan stand up comedy yang sebagian besar isinya adalah kebohongan demi kepuasan penonton padahal dalam islam hal ini sudah dilarang.

Larangan nabi Muhammad SAW jika ada orang yang bercanda dengan suatu kebohongan adalah celakalah kamu,celakalah kamu,celakalah kamu yang diulang sebanyak 3X.
Ini berarti adalah larangan serius dan tidak boleh dicoba oleh umat muslim. Wallahualam bishowab


8.Karakteristik Yang Beragam
Dalam stand up comedy dapat diketahui bahwa banyaknya komika yang mempunyai karakteristik yang unik dari mulai cara bicaranya,logat bahasa dan gaya tubuhnya.

Karakteristik wajib dimiliki oleh setiap komika dikarenakan karakteristiklah yang dapat menentukan pembawaan emosi kepada penonton audience agar lebih mudah menarik kata-kata yang dibawa oleh komika,dalam kata lain karakteristik berfungsi agar memudahkan penonton untuk menyerap pembawaan dan menjadi daya tarik tersendiri bagi stand up comedian.


9. Aturan Unik Stand Up
Stand up comedy juga memiliki peraturan yang unik salah satunya tidak boleh berusaha ngelucu.
Penampila komika jika berusaha untuk ngelucu bisa dilihat pada Uus, penyebab kalahnya Uus pada kompetisi dikarenakan dia melanggar aturan stand up yang satu ini.

Ini dikarenakan komika dan pelawak berbeda,komika adalah orang yang membawakan lawakan dengan apa adanya(tidak berusaha ngelucu) sedangkan pelawak adalah orang yang berusaha ngelucu.

Oleh sebab itu banyak orang yang menilai Uus lebih cocok menjadi pelawak dibanding komika, ternyata ini benar sekarang Uus pun telah sukses menjadi pelawak dan melejit jauh dalam dunia entertainment.

Padahal pada kompetisi Uus adalah orang pertama yang gugur dalam kompetisi,namun Uus dapat 
membuktika siapa dia sebenarnya dan dia pun sukses di dunia entertainment mengalahkan orang-orang yang juara 1,2,3 di kompetisi bersama dengannya. Semangat yang wajib ditiru oleh sosok Uus.

0 Response to "9 Fakta Tentang Stand Up Comedy"

Post a Comment